Pages

Ads 468x60px

Friday, September 7, 2012

Flashdisk


  1. Flashdisk
1.      Sejarah Flashdisk
Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkan flashdisk pertama kali karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000. Flashdisk mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IBM. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB, data terakhir November 2006 sudah mencapai 64 GB sampai 512 GB.
Tidak hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan fungsinya juga mengalami perubahan. Untuk masalah keamanan yang dimiliki flashdisk saat ini sebatas melindungi data yang ada supaya tidak terakses oleh orang yang bukan pemiliknya. (Margonogono, 2011)
2.      Pengertian Flashdisk
Flashdisk (sering juga disebut dengan USB Flash Drive) adalah media penyimpanan data yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flashdisk biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya,
khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan daripada disket. Namun flashdisk juga memiliki umur penyimpanan data yang singkat, biasanya ketahanan data pada flashdisk rata-rata 5 tahun. Ini disebabkan oleh memori flash yang digunakan tidak bertahan lama. Bandingkan dengan Harddisk yang memiliki ketahanan data hingga 12 tahun, CD/DVD berkualitas selama 15 tahun jika cara penyimpanannya benar.

3.      Cara kerja Flashdisk
Di dalam perangkat flashdisk tertanam controller dan memori penyimpan data yang bersifat non–volatile atau tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. Komponen flashdisk lebih sederhana dan relatif lebih sedikit dibandingkan dengan harddisk. Hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau yang lainnya.
Tips penggunaan flashdisk pada sistem operasi Windows Me/2000/XP menyarankan pelepasan flashdisk dengan cara yang aman (Safe Removal). Hal ini untuk menghindari data yang masih tersisa dan belum tertulis dari memori cache ke flashdisk. Pencabutan flashdisk secara mendadak dapat mengakibatkan data yang belum selesai ditulis menjadi rusak. Memutus koneksi dengan cara aman akan memperpanjang umur flashdisk karena hubungan baca/tulis antara komputer dan flashdisk diamankan terlebih dahulu dan hubungan listrik singkat dapat dicegah.